Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang SMS Tidak Bisa Terkirim

Apakah anda pernah mengalami yang namanya sms pending atau sms gagal yang tidak bisa terkirim ke nomorHP yang anda tuju??? Jika memang hal ini sering terjadi dan pernah anda alami,itu bisa di sebabkan oleh beberapa hal,misalnya;
  • Dukungan sinyal yang kondisinya naik-turun di sekitar wilayah anda
  • Traffic (lalu lintas) sms yang sangat padat/ramai
  • Pulsa anda habis (lupa mengisi pulsa sendiri)
  • dan lain sebagainya...

Salah satu dari tiga hal contoh di atas adalah faktor penyebab dari gagalnya sebuah pengiriman sms ke nomorHP tujuan anda. Namun jika dari tiga hal faktor tersebut bukan salah satu dari penyebab gagalnya sebuah sms,maka salah satu jawabanya adalah Nomor Pusat Pesan yang tidak benar. Hal ini bisa terjadi dikarenakan,anda sering melakukan ganti-ganti kartu sim/chip dengan menggunakan satu handphone. Pada saat anda melakukan pergantian kartu,tanpa anda sadari system handphone gagal atau tidak secara otomatis membaca Pusat Pesan dari kartu yang baru saja anda pasang. Dalam kasus seperti ini sering terjadi sebuah handphone hanya bisa untuk melakukan atau menerima panggilan telephone (voice),bisa untuk menerima sms,tetapi tidak dapat untuk mengirim pesan teks (sms). Nomor Pusat Pesan yang tidak benar juga merupakan salah satu faktor terjadinya gagalnya sebuah pengiriman pesan teks (sms). Dan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi system handphone yang gagal atau tidak secara otomatis membaca Nomor Pusat Pesan adalah menambahkan Pusat Pesan secara manual.
    Berikut nomor-nomor Pusat Pesan Operator GSM yang ada di Indonesia;
  • SimPATI dan KartuAS : +6281100000
  • ProXL : +62818445009
  • MENTARI : +62816124
  • IM3 : +62855000000
  • AXIS : +628315000032
  • THREE : +6289644000001
    Khusus untuk nomor Pusat Pesan Operator CDMA Esia,Flexi,Fren,Smart,Smartfren,StarOne dan Ceria) sudah diatur di server dari masing-masing operator.
Dengan memahami permasalah tentang SMS yang terkadang tidak bisa terkirim atau selalu gagal dalam melakukan pengiriman pesan teks (sms) anda akan mengerti dan memahami tentang permasalahan sebuah pengiriman SMS.
Satu hal lagi yang perlu anda ingat khususnya bagi Agen maupun Reseller Pulsa Elektrik One Chip All Operator,yang akhir-akhir ini sering terjadi masalah sebuah pengiriman sms; "laporan sms di handphone anda menunjukan bahwa sms anda sudah terkirim ke nomor tujuan tetapi aktualnya belum sampai ke nomor yang dituju???" Ini kemungkinan disebabkan oleh banyaknya pengguna (user) dengan memanfaatkan layanan SMS GRATISAN,yang membuat lalu-lintas (traffic) sms sangat padat yang terkadang membuat jaringan menjadi sedikit error.