Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartfren

Begini Caranya Mempercepat Koneksi Internet Smartfren - Anti lelet adalah slogan Smartfren yang selalu ditawarkan dalam menarik para calon pelanggannya. Akan tetapi slogan tersebut berbeda dengan kenyataannya, terbukti dari masih banyaknya pengguna (pelanggan) kartu prabayar Smartfren yang mengeluhkan koneksi internetnya acapkali lemot alias lelet. Maka dari itu tidaklah heran jika pelanggan Smartfren banyak yang merasa kecewa, terlebih-lebih bagi pelanggan yang kesehariannya selalu beraktifitas menggunakan internet. Namun sebelum anda mengungkapkan kekecewaannya, tidak ada salahnya jika anda mengetahui bahwa masalah seperti ini (koneksi internet lemot) sebenarnya bukan terjadi hanya pada Operator Smartfren saja. Melainkan hampir di semua operator seluler yang ada di negeri tercinta kita ini, mengalami yang namanya koneksi internet lemot (tidak stabil). Jadi sesampainya disini dapat disimpulkan bahwa koneksi internet lemot (lelet) faktor utama yang menjadi penyebab bukan semata-mata dari jasa penyedia layanan telekomunikasi yang dalam hal ini adalah Smartfren.
Cara Mempercepat Koneksi Internet Operator Smartfren

Lalu apa yang menjadi penyebab lemotnya koneksi internet? Sebenarnya saya sendiri juga tidak tahu pasti jawabannya. Namun menurut dari beberapa sumber berpendapat bahwa yang menyebabkan koneksi internet menjadi tidak stabil alias lemot itu dikarenakan adanya gangguan jaringan (network) serta banyaknya jumlah pelanggan yang menggunakan internet secara bersamaan dalam waktu dan jam yang sama. Dan bagaimana solusinya untuk mempercepat koneksi internet Smartfren yang seringkali lemot? Untuk menjawab dari pertanyaan tersebut diperlukan sebuah trik. Trik yang harus anda lakukan disini adalah melakukan perubahan dengan  cara mengganti parameter APN (Access Point Name) default Smartfren yang terdapat pada menu pengaturan jaringan di perangkat anda. Ganti dan pilih salah satu parameter APN default Smartfren dengan parameter APN di bawah ini:

Parameter yang pertama:
~ Name: smart3
~ Number: *98#
~ Username: cdma atau wap
~ Password: cdma atau wap

Parameter ke dua:
~ Name: smart3
~ Number: *31*11111#
~ Username: cdma atau wap
~ Password: cdma atau wap

Parameter ke tiga:
~ Dial number: #777 atau *99#
~ User name: smart
~ Password: smart
~ Advance setting: DNS
~ Primary DNS: 208.67.222.222
~ Secondary DNS: 208.67.220.220

Parameter ke empat:
~ Dial number: #777 atau *99#
~ User name: cdma
~ Password: cdma
~ Advance setting: DNS
~ Primary DNS: 8.8.8.8
~ Secondary DNS: 8.8.4.4

Dari keempat parameter APN diatas, silahkan anda test dan pilih salah satu mana yang sekiranya membuat koneksi internet Smartfren anda menjadi lebih cepat. Mudah-mudahan dengan menggunakan trik untuk mengatasi koneksi internet Smartfren yang lelet ini dapat mengobati rasa kekecewaan para pelanggan setia kartu prabayar Smartfren. Dan sedikit tambahan bagi pengguna modem Smartfren, selain dengan menggunakan trik diatas, anda juga bisa mendownload software TCPOptimizer untuk mendapatkan kecepatan koneksi internet Smartfren yang lebih stabil. Bagaimana cara menggunakanya dan setting software TCPOptimizer? Menjawab dari pertanyaan ini, mungkin akan kita bahas di lain waktu. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.