Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab SMS Pending atau Menunggu

Penyebab SMS Pending atau Menunggu? - SMS merupakan salah satu bentuk komunikasi antar pengguna Handphone (ponsel) yang berupa text (kalimat) dengan jumlah maksimal 160 karakter perSMS. SMS adalah singkatan dari Short Message Service yang berarti Pesan singkat dan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai arti SMS silahkan menuju kesini. Sistem pengiriman pesan singkat (SMS) dikirim melalui jaringan seluler (wireless) dengan melibatkan operator seluler sebagai jasa penyedia layanan telekomunikasi. Dengan melibatkan jasa layanan operator, sudah jelas kiranya bahwa SMS merupakan bentuk komunikasi berbayar dengan tarif yang sudah di tentukan oleh masing-masing operator seluler. Lalu berapa tarif (biaya) untuk sekali kirim SMS? Berbicara mengenai tarif SMS dari masing-masing operator seluler akan kita bahas dilain kesempatan.

Ok! Kita lanjutkan ke pembahasan kali ini, yaitu mengenai apa yang menjadi penyebab SMS pending atau menunggu. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab pengiriman SMS pending atau menunggu:

Masalah Jaringan Seluler
Apabila terjadi gangguan (masalah) jaringan seluler, maka signal (dibaca sinyal) menjadi tidak stabil yang dapat anda lihat melalui indikator signal yang terdapat pada handphone anda. Dengan adanya masalah jaringan ini kerap kali membuat pengiriman SMS menjadi pending (menunggu). Kenapa masalah jaringan bisa terjadi? Sebenarnya Banyak faktor yang menjadi penyebab, diantaranya adalah; cuaca yang tidak menentu (ekstrim), tempat tinggal jauh dari jangkauan BTS (Base Transceiver Station), lokasi tempat tinggal yang berdekatan dengan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) dan lain sebagainya.

NomorHP tujuan tidak aktif (offline)
Jika nomorHP yang anda tuju atau yang anda maksud sedang tidak aktif (offline), maka pengiriman SMS akan berstatus pending (menunggu). Dalam kasus seperti ini, SMS akan tetap dapat diterima setelah handphone dinyalakan kembali oleh pemiliknya (penerima SMS).

Banyaknya pengguna (user) handphone
Perlu anda ketahui, begitu banyak pengguna handphone pada saat ini, maka tak heran jika semua pengguna melakukan komunikasi (SMS yang dimaksud) dalam waktu yang bersamaan traffic (lalu lintas) jaringan menjadi sangat padat yang membuat pengiriman SMS pending (macet) dan bahkan gagal terkirim. Dalam kasus seperti ini biasanya terjadi pada hari-hari besar keagamaan, hari libur nasional dan pada jam-jam tertentu setiap harinya (antara jam 05:00 WIB s/d 22:00 WIB).

Fasilitas SMS Gratisan
Dengan tersedianya fasilitas SMS gratisan dari operator seluler, semakin lengkap sudah kepadatan traffic pengiriman SMS. Karena dari kebanyakan pengguna yang memanfaatkan fasilitas SMS Gratisan ini dengan sms-an yang kurang manfaat. Dan yang lebih memprihatinkan lagi, sms gratisan ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab guna menipu orang lain.

Demikian beberapa informasi mengenai penyebab terjadinya SMS pending. Semoga dapat memberikan gambaran bagi para pengunjung blog SmartReload88 yang memang sedang mencari informasi tentang kenapa SMS bisa menunggu (pending). Sekian dan Terimakasih.