Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Keamanan untuk Akun Facebook

Sebelum membahas lebih dalam mengenai tips bagaimana cara menjaga keamanan untuk Akun Facebook yang kita miliki, tentunya anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan Akun itu sendiri. Jika belum? Berikut pengertianya; Akun (Account) adalah data diri (biodata atau identitas maupun tanda pengenal) seseorang yang tersimpan di dalam suatu database (database yang dimaksud disini adalah database Facebook) yang akan digunakan untuk keperluan berkomunikasi didalam dunia maya (internet atau online). Akun terdiri dari username, password, alamat email, nomor handphone dan data diri lainnya yang mungkin sifatnya rahasia. Nah kira-kira demikian sedikit penjelasan mengenai Akun.

Menjaga keamanan dari hacker

Ok! Kita lanjut ke pembahasan kali ini, yaitu; mengenai bagaimana cara mengamankan Akun Facebook yang kita miliki. Akun sendiri bersifat rahasia, maka dari itu kita perlu berhati-hati untuk menjaga Akun kita dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Coba anda bayangkan, bagaimana jika data diri kita di salah gunakan oleh orang lain? Tentunya kita akan teramat sangat dirugikan, kenapa? Karena jika data diri kita di bajak atau dibobol lalu dipergunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menipu orang, maka bisa-bisa kita akan berurusan dengan Aparat. Dan bukan cuma itu data diri kita juga akan menjadi cemar alias jelek dalam dunia maya (online).

Lalu bagaimana untuk mengamankan Akun FB yang sudah kita miliki? Bukanya sewaktu kita membuat Akun di Facebook sudah ada pengamanya, yang berupa kata kunci (password)? Memang betul, password adalah salah satu bentuk keamanan yang diberikan kepada kita pada saat kita mendaftar di Facebook. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa di dalam pembuatan password itu sangat di anjurkan menggunakan password dengan tingkatan yang rumit (sangat rumit), sebagai contoh menggunakan kombinasi antara huruf, angka dan juga simbol. Namun pada kenyataanya banyak pengguna (user) yang mengabaikan pembuatan password dengan tingkatan yang rumit tersebut, dengan alasan "takut lupa" kenapa? Karena menggunakan password yang rumit akan semakin susah untuk diingat dan mudah lupa.

Namun anda tidak perlu khawatir apabila anda tetap menggunakan password dengan tingkatan yang lemah (sedang), karena dapat ditambah dengan keamanan berlapis (ganda). Apa yang dimaksud dengan keamanan berlapis? Keamanan berlapis adalah keamanan dalam bentuk pemberitahuan melalui pesan singkat (SMS) yang dikirim ke nomorHP pada saat akan masuk (sign in) Facebook. Keamanan berlapis disebut juga sebagai keamanan kedua setelah anda memasukan kata kunci (password). Jadi fasilitas ini sangat berguna khususnya bagi anda yang menggunakan password dengan tingkatan yang lemah, akan tetapi bagi pengguna yang menggunakan password rumit juga tidak ada salahnya mengaktifkan fasilitas ini. Karena dengan mengaktifkan keamanan berlapis, akun anda akan lebih aman dan nyaman dari ulah para orang yang tidak bertanggung jawab.

Berikut adalah tips cara mengamankan akun Facebook dengan mengaktifkan keamanan berlapis (ganda):

1. Masuk (Login) ke Facebook, tentunya menggunakan Akun Anda
2. Pastikan Anda sudah memasukan nomorHP (aktif) pada Akun Anda
3. Buka menu Pengaturan Akun yang terletak di pojok kanan atas di samping Beranda
4. Setelah itu buka menu Pengaturan Akun Umum, silahkan lanjut ke Pengaturan Keamanan
5. Klik menu Persetujuan Masuk Ke Facebook atau beri tanda centang (✓)
6. Terakhir simpan perubahan

Demikianlah langkah-langkah untuk mengamankan akun FB anda. Semoga dapat bermanfaat bagi siapa saja yang tidak ingin akun Facebooknya di bajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sekian dan Terimakasih.