Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perlunya memberikan Keamanan pada Aplikasi WhatsApp

Kali ini kami akan mencoba untuk berbagi informasi mengenai tips bagaimana cara memberikan Keamanan pada Aplikasi WhatsApp lengkap dengan Pengertianya. Namun sebelum kita membahas tentang bagaimana cara memberikan keamanan pada aplikasi WhatsApp, yuk...kita mulai dari pengertianya terlebih dahulu. Apa WhatsApp itu? Dengan pertanyaan seperti ini pastinya sudah banyak yang tahu jawabanya, terutama bagi kawan-kawan yang setiap harianya menggunakan WhatsApp sebagai sarana untuk berkomunikasi. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga masih banyak kawan-kawan yang memang belum mengetahui tentang apa yang dimaksud WhatsApp itu. Pernyataan ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pengguna baru yang terus bertambah. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk mengulasnya kembali mengenai apa yang dimaksud dengan WhatsApp.

WhatsApp adalah sebuah aplikasi layanan pesan multiplatform untuk Hp smartphone yang menggunakan paket data internet jika digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan pengguna WhatsApp lainnya. Dengan WhatsApp, kita bisa melakukan komunikasi data seperti; obrolan online (chatting), kirim pesan (teks), berbagi file, bertukar foto maupun video dan bisa untuk melakukan panggilan (telepon). WhatsApp dapat diunduh dengan cuma-cuma alias GRATIS!di sini. Namun sebelum Anda mendownloadnya, pastikan tipe handphone yang akan anda gunakan mendukung aplikasi WhatsApp. Dan berikut adalah Tipe Handphone yang dapat menggunakan WhatsApp; iPhone, Android, BlackBerry, Windows Phone, Nokia S40 dan Nokia S60.

Cara Mengamankan WhatsApp dan Pengertiannya

Setelah panjang lebar membahas mengenai pengertianya, mari kita lanjut ke pokok pembahasan kali ini, yaitu; Perlunya memberikan keamanan pada aplikasi WhatsApp. Kenapa WhatsApp perlu diberi keamanan? Jawaban yang terbaik menurut kami adalah; tergantung dari seberapa pentingnya aplikasi WhatsApp pada kita sebagai pengguna. Jika dirasa perlu silahkan Anda beri keamanan dan jika dirasa tidak perlu ya tidak apa-apa. Dan bagi Anda yang merasa perlu, berikut adalah cara untuk memberikan keamanan pada WhatsApp;

1. Tips yang pertama; amankan aplikasi WhatsApp anda dengan aplikasi pengunci (App Lock), jika anda pengguna hp android, banyak tersedia di google play (Play Store). Untuk pengguna iPhone silahkan anda cari di App Store, pengguna Blackberry di BlackBerry Word dan bagi pengguna Windows Mobile bisa anda dapatkan di Bursa. Kenapa harus menggunakan aplikasi pengunci (App Lock)? Karena WhatsApp sendiri tidak dibekali dengan fitur penguncian. Maka dari itu kita memerlukan aplikasi dari pihak ketiga, yaitu; App Lock.

2. Tips yang kedua; mengamankan folder GALLERY atau menyembunyikan foto dan video pada folder gallery. Apabila Anda menerima kiriman foto maupun video dari salah satu pengguna (teman) melalui WhatsApp, maka dengan otomatis foto dan video tersebut akan tampak didalam gallery. Oleh karena itu jika kiriman foto maupun video yang Anda terima bersifat rahasia dan tidak boleh dilihat orang lain, Anda dapat mengamankan folder gallery tersebut. Ada 3 (tiga) cara untuk mengamankan Folder GALLERY, silahkan Anda buka tautan dibawah ini untuk mengetahui caranya;
Cara yang pertama yaitu; menggunakan Aplikasi Pengunci Folder (App Lock) yang bisa Anda cari di Google Play (Play Store).
Cara yang kedua yaitu; menggunakan Aplikasi File Manager yang bisa Anda unduh di Play Store jika anda pengguna hp android.
Dan cara yang terakhir adalah menonaktifkan fitur Media Auto-Download yang terdapat pada menu setting WhatsApp.

3. Tips yang ketiga; segeralah mengamankan Akun WhatsApp dan Kartu SIM (nomorHP) jika handphone yang anda gunakan hilang atau dicuri orang. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah meminta bantuan operator seluler dengan cara menghubunginya melalui layanan call center untuk memblokir Kartu SIM (nomorHP) yang hilang. Langkah yang kedua anda harus segera menon-aktifkan (memblokir) akun WhatsApp anda dengan cara menghubungi pelayanan WhatsApp melalui email yang alamtnya ada disitus resminya. Kini akun WhatsApp dan Kartu SIM yang hilang sudah aman, anda tinggal mendatangi kantor pelayanan dari operator seluler yang anda gunakan untuk meminta penggantian kartu SIM baru dengan nomorHP yang sama. Setelah anda mendapatkan Kartu SIM yang baru dengan nomorHP yang sama, langkah selanjutnya anda tinggal mengaktifkanya kembali akun WhatsApp anda di handphone yang baru.

4. Tips yang keempat; blokir nomorHP atau akun WhatsApp yang dianggap mengganggu. Dengan memblokir nomorHP (akun WhatsApp) tersebut, anda tidak akan merasa terganggu dengan pesan-pesan yang dikirim oleh orang yang anda anggap sebagai pengganggu. Karena jika nomorHP (akun WhatsApp) yang sudah diblokir tidak akan bisa mengirim pesan kepada anda.

5. Tips yang kelima; berhati-hatilah apabila anda menggunakan layanan WhatsApp Web. Karena jika anda membuka WhatsApp melalui layanan WhatsApp Web dengan komputer yang bukan milik pribadi dan lupa log-out (tidak keluar) dari WhatsApp Web tersebut, maka jika orang lain menggunakan komputer tersebust akan melihat (membaca) isi dari akun WhatsApp anda.

Nah demikianlah kira-kira cara untuk memberikan keamanan pada aplikasi WhatsApp. Semoga dengan hadirnya informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua khususnya bagi anda pengunjung blog SmartReload88. Sekian dan Terimakasih.