Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Android Tidak Merespon? Cara Mengatasinya Begini

SmartPulsa88 - Jika ada suatu artikel didalam judul terdapat kata Mengatasi pastinya ada suatu masalah yang akan dibahasnya. Masalah apa itu? Nah... pada kesempatan kali ini SmartPulsa88 akan mencoba untuk berbagi Tips Cara Mengatasi masalah Aplikasi Android yang tidak mau Merespon alias hang atau no respond atau macet atau diem saja hehe...
Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Merespon
Namun sebelum kita menuju ke inti pembahasan, sebaiknya kita mencari tahu dahulu apa yang menjadikan penyebab terjadinya Aplikasi Android tidak Merespon.

Yang seringkali menjadi penyebab terjadinya masalah aplikasi tidak merespon adalah minimnya memori RAM. Sebesar apapun dan sekecil apaun yang namanya memori RAM bisa saja menjadi minim jika Smartphone anda terlalu over dalam menyimpan berbagai aplikasi maupun game. Apalagi jika anda terbiasa menjalankan aplikasi secara bersamaan (multitasking), pastinya salah satu dari aplikasi yang ada pada Smartphone anda akan mengalami masalah tidak mau merespon alias hang.

Nah...yang menjadi penyebab kedua disini adalah seringnya melakukan pembaharuan (up-date) aplikasi pada Play Store (Google Play) tanpa menghiraukan adanya penumpukan file cache atau data memori yang lama pada aplikasi Launcher Android. Semakin banyak file cache Android di Smartphone anda, maka semakin berkurang juga memori internal, sehingga akan menghambat performa dari Smartphone itu sendiri. All hasil pada saat kita membuka suatu aplikasi (game) akan terasa lemot yang pada akhirnya membuat aplikasi tersebut tidak mau merespon alias hang.

Cara Mengatasinya Begini;

# Jika aplikasi android tidak merespon yang dikarenakan memori RAM, begini caranya;

● Pilih aplikasi (game) yang sesuai dengan kapasitas RAM pada Smartphone Android anda.
● Hindari untuk mendownload atau bermain game Full 3D dan Game Online
● Hindari juga kebiasaan membuka aplikasi (game) secara bersamaan atau multitasking.
● Download aplikasi RAM Manager, usahakan mendownload di Play Store.

# Sedangkan untuk mengatasi aplikasi tidak merespon dikarena penumpukan file cache, begini caranya;

Cara yang Pertama:
Copot (uninstall) aplikasi yang bermasalah tersebut melalui Play Store, lalu pasang (install) kembali. Dan jika aplikasi tersebut masih tetap tidak merespon, gunakan cara yang kedua berikut ini.
Cara yang Kedua:
Buka Smartphone anda >> Pilih Menu Seting (Pengaturan) >> Pilih Aplikasi >> Pilih Aplikasi Semua >> Scrol kebawah dan cari Aplikasi Launcher (Peluncur) >> Buka Launcher tersebut >> Lalu pilih Hapus Data >> Lalu kembali ke Home dan silahkan anda test aplikasi yang bermasalah atau tidak mau merespon tersebut.

Mudah-mudahan dengan menggunakan salah satu cara diatas, aplikasi yang tadinya bermasalah atau yang tidak merespon pada Smartphone Android kesayangan anda akan kembali normal seperti semula.

Sekian dan Terim Kasih.