Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FAQ atau Tanya Jawab

Pastikan sebelum anda menjalankan bisnis pulsa elektrik one chip all operator sudah memahami betul tentang tip aman berbisnis pulsa elektrik. Kali ini kami (owner) akan memberikan gambara atau seputar tanya jawab dalam berinteraksi atau bertransaksi agar dapat dipahami dan dapat dimengerti oleh semua agen maupun calon agen di SmartPulsa88.

Berikut adalah beberapa tanya jawab yang sering di pertanyakan oleh agen maupun calon agen di SmartPulsa88;
  1. Apakah jasa layanan server SmartPulsa88 dapat dipercaya?
    • Beberapa waktu belakangan ini memang banyak beredar berita tentang penggelapan yang dilakukan dengan mengatasnamakan sebuah usaha layanan server pulsa dengan kerugian korban dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
    • Dengan melihat pertanyaan di atas kami (owner) hanya bisa mengatakan bahwa tempat dan alamat usaha kami jelas dan juga alamat rumah pribadi kami (lihat disini).
  2. Setelah saya melakukan pengiriman sms pendaftaran,kenapa tidak ada balasan?
  3. Beberapa kemungkinannya adalah;
    • Adanya gangguan jaringan atau signal dari operator yang anda gunakan untuk melakukan registrasi (pendaftaran) dan perlu anda ketahui juga pada jam-jam tertentu traffic (lalu-lintas) SMS sangat padat. Sekiranya dengan melihat permasalahan ini kami berharap anda dapat memahaminya. Tunggu ±15menit hingga pendaftaran anda dinyatakan SUKSES oleh sistem.
    • Namun jika dalam waktu ±15menit belum juga menerima SMS balasan;
      • » Langkah pertama adalah; mengirim ulang format pendaftaran ke: xxxx-xxxx-xxxx
      • » Langkah kedua; lakukan pengetesan dengan fitur-fitur gratisan dengan menggunakan PIN standard dari SmartPulsa88 yaitu; 888888. Fitur-fitur gratisanya adalah; Ganti PIN,Cek Harga atau ketik: FORMAT,ketik: PRODUK,ketik: CENTER,ketik: BANK dan untuk mengetahui ID-Agen anda gunakan format: Cek SALDO.
  4. Apakah daftar harga di website ini selalu up-date?
    • Ya,kami selalu berusaha mengup-date daftar harga yang ada di website.
    • Gunakan format CEK HARGA untuk mendapatkan harga yang selalu up-date setiap saat.
    • Untuk agen yang baru bergabung sudah bisa langsung mengecek harga di SmartPulsa88.
  5. Apakah yang dimaksud dengan harga pulsa GSM?
    • Daftar harga yang meliputi produk-produk dari provider GSM (Global System of Mobile Communication),seperti; Simpati,KartuAS,XL,Mentari,im3,im2,AXIS,Three dan Hepi.
  6. Apakah yang dimaksud dengan harga pulsa CDMA?
    • Daftar harga yang meliputi produk-produk dari provider CDMA (Code Division Multiple Access),seperti; Esia,Flexi,Smart,Fren (Smartfren),StarOne dan Ceria.
  7. Apakah yang dimaksud dengan harga pulsa SPECIAL?
    • Pulsa Special adalah produk pulsa nasional yang tersedia di SmartPulsa88 dengan harga yang sangat murah dengan format transaksi harus menggunakan kode produk.
    • Produk yang tersedia tidak selengkap produk GSM maupun CDMA.
    • Jika stock Pulsa Special di pasaran (market) sedang kosong produk akan ditutup sementara.
  8. Apakah yang dimaksud dengan harga pulsa REGION?
    • Yang dimaksud dengan pulsa Regional adalah pulsa yang di bedakan menurut wilayah/daerah dengan mengikuti aturan main dari masing-masing provider (Hard Cluster Provider).
    • Dengan melihat table daftar harga pulsa Regional hanya produk Telkomsel yang paling dominan tersedia,karena memang saat ini baru Telkomsel yang paling ketat untuk masalah Cluster.
    • Untuk mendapatkan harga pulsa Regional wilayah anda,gunakan format transaksi tanpa kode (NOMINAL[titik]NoHP[titik]PIN),karena sistem kami yang akan mengarahkan order ke stock pulsa region anda,namun jika stock produk region/wilayah anda tidak tersedia (sedang kosong) secara automatis order akan di arahkan ke stock dengan harga produk nasional.
  9. Kenapa harga dasar pulsa di SmartPulsa88 sering naik-turun/sering berubah-ubah?
    • Karena daftar harga di SmartPulsa88 murni mengikuti harga dasar pulsa yang ada di pasaran (market) serta mengikuti kebijakan dari masing-masing Provider dan akan selalu diinfokan melalui replay transaksi.
  10. Apakah biaya sms replay transaksi gratis?
    • Ya,anda tidak dikenakan biaya SMS Replay baik itu transaksi sukses maupun transaksi gagal.
    • Namun jika anda mengirim dengan format yang salah akan di kenakan biaya admin sebesar; Rp. 1,- s/d Rp. 10,- yang akan di ambil/di debet dari saldo deposit anda.
  11. Apakah yang di maksud dengan GARANSI 100%?
    • GARANSI 100% adalah bonus reward dari gagalnya sebuah transaksi dalam waktu lebih dari 1x24 jam,besaran bonus reward yang di berikan adalah Rp. 500,-/trx.
    • Melihat dari nilai nominalnya mungkin tidak seberapa besar,namun ini wujud sebagai empati atau rasa tanggung jawab atas ketidaknyamanan yang dialami oleh mitra SmartPulsa88. Karena komitmen kami (owner) untuk memberikan jaminan layanan yang terbaik.
  12. Saya sudah melakukan transaksi pengisian pulsa,tetapi kenapa belum mendapat balasan dari server?
  13. Beberapa kemungkinannya adalah;
    • Ini sama halnya dengan pertanyaan Point ke; 2. Kemungkinan besar permasalahannya disebabkan oleh adanya gangguan jaringan atau signal dan juga traffic SMS pada operator yang anda gunakan untuk melakukan transaksi maupun dari operator pada nomorHP tujuan atau nomorHP yang anda isi pulsa.
    • Maka dari itu kami menyarankan jika terjadi gangguan pada operator yang anda gunakan, cobalah beralih dengan menggunakan nomorHP dari operator lain yang tentunya sudah anda daftarkan sebagai nomorHP pararel (lihat cara menambah nomorHP untuk pararel disini). Bisa juga anda mengalihkan pengiriman SMS sebuah transaksi ke nomor SMS Center yang berbeda operator (selingkuh).
    • Periksa kembali format transaksi yang anda kirim,pastikan format transaksinya sudah benar.
  14. Transaksi pengisian pulsa kenapa balasannya pending pulsa/menunggu jawaban dari operator/provider?
  15. Beberapa kemungkinannya adalah;
    • Adanya gangguan jaringan dari operator yang bersangkutan.
    • Operator tujuan sedang dalam kondisi sibuk/padat transaksi,yang membuat antrian transaksi mejadi numpuk.
    • Jika hal ini terjadi pada transaksi pengisian pulsa anda,yang harus anda lakukan adalah; menunggu hingga gangguan jaringan normal kembali maupun menunggu antrian dari operator hingga proses transaksi anda dinyatakan sukses oleh sistem.
    • Pending pulsa/menunggu jawaban dari operator adalah masalah klasik di semua server pulsa one chip all operator yang tidak bisa dihindari karena semua tergantung pelayanan dari masing-masing operator/provider.
  16. Kenapa dalam transaksi 2x atau pengulangan pulsa hanya masuk 1x saja?
  17. Beberapa kemungkinannya adalah;
    • Durasi atau jarak waktu antara transaksi yang pertama dengan transaksi yang kedua terlalu berdekatan,membuat sistem menjadi error. (Durasi min. 2jam)
    • Tidak menggunakan format transaksi pengulangan (format 2x),jika sebelum 1x24jam (am-pm) dari transaksi yang pertama.
    • Adanya perbedaan format transaksi,misalnya; transaksi pertama menggunakan kode produk, yang kedua tanpa menggunakan kode produk.
    • Ada persamaan SN (Serial Number) antara transaksi pertama dengan transaksi yang kedua. Lihat dan cek kembali laporan transaksi anda,jika ada persamaan pada nomor SN segeralah melakukan konfirmasi melalui nomor SMS Center kami.
  18. Transaksi pulsa tidak masuk ke nomor tujuan,tetapi kenapa saldo saya berkurang?
  19. Beberapa kemungkinannya adalah;
    • Sistem pada server akan secara otomatis memotong saldo anda jika ada SMS order.
    • Periksa kembali,apakah nomor tujuan sudah benar! Dikarenakan bisa jadi anda salah mengetik nomor waktu melakukan transaksi pengisian pulsa.
    • Namun jika anda merasa sudah benar nomor tujuannya,mohon tunggu hingga 1x24jam (baca kembali kasus pada Point ke; 12). Tetapi jika pulsa masih belum masuk maka langkah selanjutnya anda melakukan komplain,dengan mengetik; INFO(spasi)KELUHAN ANDA (sertakan tanggal, kode voucher dan nomorHP yang diisi pulsa). Dan jika memang transaksi anda sudah terbukti sukses atau berhasil maka biasanya CS akan memberikan nomor SN (Serial Number) sebagai buktinya.
  20. Setelah transaksi sukses dengan nomor SN (Serial Number) yang valid dari Provider,tetapi kenapa pulsa belum masuk ke nomor tujuan?
  21. Beberapa kemungkinannya adalah;
    • SN (Serial Number) adalah tanda bukti dari sebuah transaksi pengisian pulsa elektrik yang diberikan oleh Operator Telekomunikasi bahwa transaksi pengisian pulsa elektrik anda sudah berhasil atau sukses dilakukan.
    • Pada laporan transaksi anda sudah disertakan nomor SN yang valid namun pulsa masih belum masuk juga ke nomor yang anda tuju,silahkan anda menghubungi Call Center dari Provider Selluler yang bersangkutan. Untuk mengetahui Call Center dari masing-masing Provider silahkan klik disini.
  22. Mengapa transaksi pengisian pulsa bisa gagal?
  23. Beberapa kemungkinannya adalah;
    • Pulsa dari nomorHP yang buat melakukan transaksi habis,sehingga SMS anda tidak bisa terkirim (silahkan melakukan pengecekan pulsa anda)
    • Saldo deposit anda tidak mencukupi untuk melakukan sebuah transaksi (silahkan lihat format cek saldo disini)
    • Dalam anda mengetikan format transaksi ada salah satu karakter (angka/huruf) yang kurang atau salah (periksa kembali format transaksi yang anda kirim). Ini biasanya sering terjadi pada transaksi pengisian pulsa multi (adanya penggabungan antara format tansaksi menggunakan kode dengan transaksi tanpa kode)
  24. Saya transaksi isi pulsa dengan tidak sengaja salah nomor tujuan,apakah saldo bisa ditarik kembali?
    • Dalam kasus seperti ini pulsa yang sudah masuk ke nomorHP tujuan tidak dapat ditarik kembali yang dikarenakan dari pihak Provider/Operator Selluler tidak memberikan akses untuk penarikan pulsa yang sudah masuk ke nomorHP tujuan. Pastikan sebelum anda melakukan sebuah transaksi pengisian pulsa,nomorHP tujuan sudah benar.
  25. Mengapa pada hari-hari atau jam-jam tertentu transaksi menjadi lambat?
    • Beberapa kemungkinannya sama halnya dengan kasus Point ke; 2 dan Point ke; 12 (silahkan baca kembali untuk lebih jelasnya).
  26. Kenapa SmartPulsa88 tidak menyediakan WebReport seperti Layanan Server lain?
    • Dikarenakan sesuatu hal Smartpulsa88 sampai saat ini memang belum menyediakan fasilitas WebReport yang biasanya diakses melalui koneksi internet. Namun SmartPulsa88 memberikan fasilitas yang menyerupai WebReport yang lebih mudah dan praktis diakses kapan saja melalui SMS maupun YM! dengan mengetik; Format MUTASI (lihat disini) kirim ke nomor sms center kami.
  27. Bagaimana jika saya salah transfer saldo ke Downline atau bukan ID yang di maksud?
    • Kami berharap sebelum anda melakukan pengirima saldo (transfer saldo) periksa dahulu dengan teliti nomor ID (downline) yang akan di tuju. Tetapi kalau memang sudah terlanjur salah kirim,segeralah menginformasikan ke nomor center melalui SMS dengan format;
      • » Ketik; INFO(spasi)ISI LAPORAN 
      • » Contoh; INFO saya salah kirim saldo ke AA0220 senilai Rp 100.000,maksud tujuan ke AA0864. Mohon saldo segera di tarik kembali. Tks
    • Solusi kedua gunakan format untuk mem-blok (memblokir sementara) ID-agen yang bukan dituju,dengan cara mengirim SMS dengan format;
      • » Ketik; BLOK(titik)ID-yang anda maksud(titik)PIN
      • » Contoh; BLOK.AA0220.888888
      Untuk mengaktifkanya kembali;
      • » Ketik; AKTIF(titik)ID-yang anda maksud(titik)PIN
      • » Contoh; AKTIF.AA0220.888888
  28. Bagaimana jika transfer saldo ke Downline dalam waktu 1x24jam dengan nominal yang sama?
    • Transfer saldo ke Downline dengan nominal yang sama dalam atau sebelum 1x24jam tidak diperbolehkan oleh sistem. Kami sarankan untuk menambah Rp. 1,- dari nomial yang pertama anda kirim,contoh; yang pertama anda mengirim saldo = Rp. 100.000,- untuk mengirim saldo yang kedua (sebelum 1x24jam) menjadi = Rp. 100.001,-
    • Lihat cara transfer saldo ke Downline disini.
  29. Bagaimana saya bisa mengecek bonus/fee yang saya dapat dari Downline?
    • Cukup mengetik; SAL.PIN kemudian kirim ke nomor SMS Center SmartPulsa88.
    • Pada laporan transaksi pengisian pulsa juga disertakan laporan jumlah bonus/fee yang anda peroleh dari Downline.
  30. Apa yang dimaksud dengan Bonus TOP SELLER dan bagaimana cara mendapatkanya?
    • Yang dimaksud dengan Bonus TOP SELLER adalah bonus bagi agen yang melakukan transaksi penjualan tertinggi di setiap bulannya
    • Untuk mendapatkan bonus Top Selller tentunya anda harus melakukan penjualan/transaksi pengisian pulsa dengan sebanyak-banyaknya yang akan di akumulasikan di setia akhir bulan.
  31. Saya sudah transfer ke rekening SmartPulsa88,tetapi kenapa saya belum menerima SMS replay yang menyatakan bahwa saldo deposit saya bertambah?
  32. Beberapa kemungkinannya adalah;
    • Terutama bagi anda yang transfer melalui Bank BRI dan Bank SHARE SYARI'AH belum melakukan SMS konfirmasi ke nomor SMS Center maupun YM! SmartPulsa88
    • SMS Konfirmasi menggunakan bahasa yang membingungkan CS atau kurang jelas (lihat cara konfirmasi deposit saldo disni)
    • Jumlah uang yang anda transfer tidak sesuai dengan Nomor TIKET.
    • Internet Banking dari Bank yang bersangkutan (baik Bank yang menggunakan sistem input automatis maupun manual input) sedang mengalami gangguan,sehingga kami tidak dapat melakukan pengecekan dana/uang yang anda transfer. Dikarenakan Internet Banking disini berperan sangat penting dalam hal deposit saldo via online/transfer.
  33. Apa yang harus saya lakukan jika dalam waktu 30 menit deposit saya belum masuk?
    • Konfirmasikan kembali ke nomor SMS Center SmartPulsa88.
  34. Deposit saldo via Bank BRI,kenapa lama proses penginputannya?
    • Karena sistem yang kami gunakan manual input dengan mengandalkan koneksi internet banking untuk melakukan pengecekannya. Namun jika terjadi gangguan atau gagal koneksi internet banking,kami cuma bisa berharap kepada anda untuk menunggu hingga internet banking normal kembali.
  35. Bagaimana cara pembayaran Cash Back Deposit Saldo dari SmartPulsa88?
    • Cara pembayarannya adalah 1 hari setelah anda melakukan Deposit Saldo yang akan diinfokan melalui SMS. (biasanya pada pagi hari antara jam 05:00 s/d jam 07:00)
    • Besaran Bonus CashBack bisa anda lihat disini.
  36. Apakah saldo saya bisa hangus dalam jangka waktu tertentu?
    • Saldo deposit anda tidak ada masa aktifnya atau tidak memiliki masa hangus (expired) serta tidak akan berkurang sedikitpun apabila tidak di pergunakan untuk transaksi pengisian pulsa.
  37. Bagaimana jika ada pertanyaan selain yang diatas?
    • Silahkan menghubungi; xxxx-xxxx-xxxx
Copyright © SmartPulsa88