Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Arti Pulsa

Pengertian dan Arti Pulsa - Saat ini siapa yang tidak mengenal dengan kata Pulsa? Mulai dari anak anak hingga orang dewasa semua sudah mengenal dengan yang namanya Pulsa. Terlebih dengan meningkatnya jumlah pengguna ponsel (handphone) berbasis Operating System (OS) seperti Android, membuat kata pulsa menjadi semakin dikenal dan semakin populer. Karena dari kebanyakan orang, dapat dikatakan mengenal kata pulsa setelah memiliki atau menggunakan ponsel. Bahkan menurut dari beberapa pengguna ponsel (handphone), pulsa sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus (wajib) kita beli.

Menggunakan sebuah ponsel (handphone), apalagi berbasis Operating System (OS) seperti Android, secara tidak langsung kita akan dituntut untuk menjadi pelanggan dengan membeli paket komunikasi dari salah satu penyedia jasa layanan telekomunikasi (operator seluler) yang berupa paket telepon,sms dan paket data (internet).
Maksud dari penjelasan diatas, mungkin banyak kawan-kawan yang sudah mengerti. Akan tetapi di dalam postingan kali ini bukan untuk membahas soal handphone berbasis Operating System (OS) seperti Android, melainkan membahas tentang pengertian dan arti dari kata pulsa. Pulsa memang sangat berperan penting dalam dunia komunikasi, maka dari itu kita sebagai pengguna (user) tidak ada salahnya untuk mengetahui tentang pengertian dan arti dari kata pulsa.

Pengertian dan arti dari kata pulsa dapat di definisikan sebagai berikut;

1. Pulsa adalah sebagai alat penyalur (sarana) untuk melakukan sebuah komunikasi dalam bentuk pengiriman pesan teks (SMS), panggilan (telepon), browsing (koneksi internet) dan lain sebagainya.

2. Pulsa adalah sebagai alat pembayaran komunikasi terhadap penyedia jasa layanan telekomunikasi atau yang biasa dikenal dengan istilah operator seluler, seperti; Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan lain sebagainya.

3. Pulsa adalah satuan biaya atau tarif dalam melakukan komunikasi berupa telepon, sms, browsing, chatting, sms banking dan lain sebagainya.

4. Pulsa juga dapat diartikan sebagai isi dari sebuah kartu sim baik itu kartu prabayar maupun kartu pascabayar seperti; kartu halo, simpati, kartuas, metrik, im3, mentari, xl, axis, 3, smartfren, esia, flexi dan lain sebagainya.

Sedangkan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi dari kata pulsa adalah sebagai berikut;

1. Denyut nadi
2. Tegangan atau arus
3. Penghitung biaya telepon
4. Ketukan denyut yang teratur (*jika pulsa dapat didengar)

Dari ke empat definisi yang diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dirasa paling tepat dengan pembahasan kali ini adalah definisi poin ke tiga, yaitu;Perhitungan biaya telepon.

Jika melihat dari beberapa penjelasan mengenai definisi kata pulsa seperti diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pulsa merupakan alat pembayaran (sejenis uang) yang tidak terlihat (tidak berbentuk nyata) yang hanya bisa digunakan untuk melakukan pembelian paket komunikasi, seperti; paket telepon, paket sms maupun paket data (internet) dari penyedia jasa layanan telekomunikasi (Operator Seluler). Demikian sedikit penjelasan tentang pengertian dan arti dari kata pulsa, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.