Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cukup 3 Cara untuk Menghemat Kuota di Android

Pada pembahasan kali ini, SmartPulsa88 akan mencoba berbagi mengenai sebuah Tips Menghemat Paket Internet Kuota di Android. Kenapa kita perlu menghemat kuota internet? Nah... jika Anda ingat akan pepatah "Hemat Pangkal Kaya" maka itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa kita perlu untuk menghemat kuota internet he...he... Akan tetapi inti dari tujuan menghemat disini adalah bagaimana kita bisa memenej paket kuota internet yang kita miliki agar habis tepat pada waktunya.
Cara hemat kuota internet
Namun tahukah Anda bahwa paket internet yang ditawarkan oleh Operator Seluler di Indonesia, sebenarnya ada 2 (Dua) pilihan, yaitu; Paket Internet Unlimited (Paket Internet Tanpa Batas) dan Paket Internet Kuota (Paket Internet Terbatas). Nah... kenapa kita tidak memilih paket internet yang unlimited saja? kan kita jadi gak repot memenejnya? Memang betul, tapi..? jika kita memilih paket unlimited dengan harga yang relatif murah bahkan dibawah harga paket kuota, maka Anda akan merasa kecewa karena koneksi internet dari paket unlimited tersebut lelet alias lemot?

Baca artikel terkait;
Tips Agar Internetan Cepat dan Stabil di Android
Cara Mengatasi Internet Telkomsel Lelet

Nah... jika Anda tidak ingin koneksi internet lelet alias lemot, maka pilihlah Paket Internet Kuota. Lalu apa sih.. maksud dari kuota yang sebenarnya? Pengertian dari kata kuota itu sendiri sebenarnya mengarah kepada hal yang bersifat umum yang mungkin biasa kita dengar, yaitu; batasan maksimum atau jumlah maksimal maupun jatah yang ditentukan oleh pihak-pihak terkait.

Artinya jika misalnya kita membeli suatu paket internet dari salah satu Operator Seluler dengan harga tertentu dan mendapatkan kuota sebesar 1GB, maka jika pemakaian internet sudah mencapai 1GB koneksi internet akan terputus secara otomatis alias jatah paket internet kita sudah habis dan tidak bisa digunakan lagi.

Nah... dari sini dapat kita simpulkan bahwa menggunakan paket internet (data) kuota jika kita tidak bisa memenej kuota itu sendiri, maka yang terjadi Anda akan merasa terbebani untuk membeli paket internet sebelum jatuh masa waktunya. Oleh sebab itu kita perlu untuk Menghemat Paket Internet Kuota agar habis tepat pada waktunya dan tidak habis dengan percuma.

Tips Menghemat Paket Internet Kuota di Android

#Menggunakan Aplikasi Browser Ringan

Tips hemat yang pertama, yaitu; menggunakan aplikasi browser yang load-nya ringan. Karena melakukan kegiatan browsing dengan menggunakan aplikasi browser yang load-nya ringan akan menjadi lebih cepat, sehingga tidak banyak memakan kuota alias hemat. Dan untuk mendapatkan aplikasi browser yang load-nya ringan, seperti; UC Browser, Opera Mini maupun yang lainnya, bisa anda download di Google Play Store

#Menon-aktifkan Auto Update App di Play Store

Tips hemat yang kedua, yaitu; Menon-aktifkan up-date otomatis Aplikasi di Google Play Store. Karena dengan menon-aktifkan update otomatis ini, aplikasi yang kita miliki yang tersimpan di dalam Play Store tidak akan melakukan pembaharuan (update) dengan sendirinya ketika kita mengaktifkan data seluler (internet). Dengan begitu pemakaian kuota internet akan menjadi lebih hemat.

#Menon-aktifkan Auto Sync

Tips hemat yang ketiga, yaitu Menon-aktifkan Auto Sync. Namun tahukah Anda bahwa Auto Sync adalah merupakan sebuah fitur otomatis yang menyinkronkan data yang terdapat pada aplikasi Android dengan Google, sehingga muncul pemberitahuan (notifikasi) yang biasanya dalam bentuk icon dan ditampilkan dilayar smartphone Android yang Anda gunakan. Misalnya Anda mengaktifkan auto-sync pada akun gmail, maka akun gmail tersebut akan terus melakukan update dan ketika ada email masuk secara otomatis akan ada pemberitahuan. Jadi fitur auto-sync ini memang sangat diperlukan, akan tetapi dilain sisi kuota Anda menjadi cepat habis alias boros.

Nah...dari ketiga Tips diatas adalah merupakan cara yang paling ampuh untuk Menghemat Paket Internet Kuota di Smartphone Android Anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

TerimaKasih.