Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Koneksi Jaringan (Sinyal) Internet Stabil di Hp Android

Tips Agar Koneksi Jaringan (Sinyal) Internet Stabil di Hp Android - Meskipun kini teknologi jaringan seluler telah memasuki era konektivitas data nirkabel generasi ke empat (4G LTE) yang berkualitas tinggi, tapi entah kenapa hingga kini masih banyak para pengguna internet (netter) yang mengeluhkan tentang tangkapan sinyal 4G LTE yang sering naik turun alias tidak stabil.

Tips Agar Koneksi Internet Stabil di Hp Android

Nah... dari ketidakstabilan jaringan internet 4G LTE tersebut, maka secara otomatis akan mempengaruhi kecepatan akses data. Hal ini tentunya akan membuat para pengguna internet (netter) menjadi kurang begitu nyaman ketika sedang menjalankan aktifitas browsing nya dengan menggunakan layanan internet.

Baca juga;



Jaringan (sinyal) internet yang selalu ber ubah-ubah dari jaringan 4G LTE ke jaringan Edge / 3G / HSDPA maupun sebaliknya, tentunya akan menjadi momok tersendiri bagi para pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Lantaran jika jaringan internet tidak stabil, maka semua yang berhubungan dengan internet akan menjadi lambat alias lemot bin lélét.

Tips Agar Jaringan Internet Stabil di Hp Android


Sebagai pengguna Smartphone Android, jika terlalu sering mengalami masalah tentang tangkapan sinyal 4G LTE yang selalu berubah-ubah alias tidak stabil tentunya akan merasa kesal dan timbul pertanyaan.
  • Sebenarnya apa sih... yang menjadi penyebabnya?
  • Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Dari kedua pertanyaan tersebut, sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab koneksi jaringan (sinyal) internet tidak stabil. Selain cakupan (coverage) sinyal 4G LTE yang memang belum merata disetiap daerah, kesalahan memilih mode jaringan seluler pada menu pengaturan yang ada di perangkat Android Anda pun juga menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Artinya... jika Anda ingin menikmati koneksi internet lancar dan stabil, salah satu tips yang perlu Anda lakukan adalah menyeting ulang atau merubah mode jaringan seluler yang terdapat pada menu pengaturan dari preffered menjadi only. Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkahnya berikut ini;

1. Buka Smartphone Android Anda seperti biasanya

2. Lalu buka menu Pengaturan

3. Kemudian pilih dan buka Jaringan Seluler

4. Lalu pilih mode "WCDMA Only" atau "LTE Only"

5. Selesai

Namun perlu Anda ketahui bahwa cara diatas hanya dapat dilakukan pada Smartphone-smartphone yangmana didalam menu pengaturannya sudah tersedia settingan jaringan seluler tanpa harus menggunakan kode Android seperti Smartphone ber-merk Samsung.

Lantas bagaimana cara merubah mode jaringan seluler pada Smartphone Android yang tidak memiliki settingan jaringan seluler didalam menu pengaturan? Ok... jika Anda merasa kesulitan untuk mencari mode jaringan seluler didalam perangkat Android Anda, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini;

1. Buka Smartphone Android Anda seperti biasanya

2. Lalu buka Menu Contacts + Dialer (Call)

3. Kemudian ketuk *#*#4636#*#* dengan tanpa harus menekan tombol call (secara otomatis), maka pada layar Smartphone akan muncul tampilan menu informasi yang berupa:
  • Phone information
  • Battery Information
  • Usage Statistis dan 
  • Wi-fi information
4. Selanjutnya langsung saja pilih “Phone information”, dengan begitu akan muncul informasi mengenai: IMEI, Phone Number, Network Selecting dan info-info lainnya.

5. Setelah itu pilih "Network Selecting" , kemudian silahkan Anda rubah mode jaringan seluler yang awalnya preffered menjadi only, misalnya menjadi WCDMA only ataupun LTE only.

6. Langkah terakhir "Restart Smartphone Android Anda"

Demikianlah Tips Agar Koneksi Jaringan (Sinyal) Internet di Hp Android menjadi lebih stabil dan lancar. Semoga bermanfaat dan TerimaKasih.