Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Berbagi File Menggunakan NFC pada Smartphone

Cara Berbagi File Menggunakan NFC - Salah satu teknologi masa kini yang tergolong masih baru dan mulai populer di kalangan masyarakat kita adalah teknologi Near Field Communication yang disingkat dengan istilah NFC. Lalu apa yang dimaksud dengan NFC? Dalam pembahasan kali ini NFC yang dimaksud adalah sebuah teknologi yang terdapat pada smartphone maupun tablet, yang berfungsi memudahkan penggunanya dalam melakukan transfer data (komunikasi data) untuk berbagi maupun bertukar konten digital, seperti; file (data), aplikasi, game, photo, video, gambar, musik dan lain sebagainya.

Cara Berbagi File Menggunakan Fitur NFC

Seperti halnya Bluetooth, NFC juga menggunakan jaringan tanpa kabel (nirkabel) dalam mengirim sebuah data maupun file ke sesama pengguna smartphone, yang tentunya kedua perangkat tersebut mempunyai fitur NFC. Oleh karena itu tak heran jika dari kebanyakan kawan-kawan yang beranggapan bahwa NFC itu sama persis dengan Bluetooth. Namun perlu anda ketahui bahwa NFC merupakan teknologi yang memang bisa dikatakan hasil dari pengembangan teknologi Bluetooth. Maka dari itu sudah dapat dipastikan bahwa fitur yang terdapat di dalam teknologi NFC memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan Bluetooth. 

Berbagi file (data) menggunakan NFC tidak memerlukan yang namanya verifikasi yang biasanya berupa username maupun password (otentikasi), pengiriman datapun lebih cepat dan tidak banyak memakan daya baterai. Melihat dari beberapa keunggulan yang dimiliki NFC dapat disimpulkan bahwa berbagi file menggunakan teknologi NFC lebih efektif dan efisien dibanding berbagi file menggunakan Bluetooth. Bahkan di beberapa negara maju, smartphone yang sudah dibekali dengan teknologi NFC dapat digunakan sebagai alat pembayaran seperti halnya kartu kredit. Lalu bagaimana di negara kita? Kapan fitur NFC dapat digunakan sebagai alat pembayaran? Kapan ya....? Tunggu saja info terbaru dari Google yang rencananya pada akhir tahun 2015 ini akan mengeluarkan fitur terbarunya di dalam smartphone Android, yaitu fitur Android Pay.

 Cara Berbagi File Menggunakan NFC pada Smartphone

Demikianlah sedikit penjelasan mengenani sebuah teknologi NFC yang ada pada smartphone kita. Semoga dapat menjadikan info yang bermanfaat, khususnya bagi para pengunjung blog ini. Sebagai penutup postingan kali ini, berikut adalah langkah-langkah cara berbagi file menggunakan NFC di smartphone;

- Aktifkan dahulu fitur NFC di kedua perangkat smartphone anda
- Lalu tentukan pilihan file atau konten yang akan dikirim (ditransfer)
- Dekatkan (tempelkan) kedua perangkat smartphone dengan jarak ± 1cm (10mm)
- Lalu klik file atau konten yang akan dikirim (ditransfer)
- Setelah terjadi getaran, jauhkan kedua perangkat smartphone anda
- Lalu tunggu beberapa detik file atau konten akan diterima

Sekian dan Terimakasih.